Langsung ke konten utama

Konversi Bilangan Java Menggunakan Scanner

Di sini saya akan memberikan tutorial tentang pembuatan program Konversi Bilangan Java dengan tampilan Scanner. Awalnya, ketikkan coding di bawah ini ya . . .

package Praktek1;
/**
*
* @author iphy
*/
import java.util.Scanner;
public class KonversiBilanganScanner {
static String name; //object
static String jenis_kelamin; //object
static String jk; //object
static int bilDes; // variable
// fungsi/method rekursi
public static void Biner(int n)
{
if(n>1)
{
Biner(n/2);
}
System.out.print(n%2);
}
public static void Oktal(int n)
{
char[] daftarOktal={'0','1','2','3','4','5','6','7'};
int sisaBagi = n % 8;
if(n>0)
{
Oktal((n - sisaBagi)/8);
System.out.print(daftarOktal[n%8]);
}
}
public static void Hexa(int n)
{
char[] daftarHexa={'0','1','2','3','4','5','6','7','8','9','A','B','C','D','E','F'};
int sisaBagi = n % 16;
if(n>0)
{
Hexa((n - sisaBagi)/16);
System.out.print(daftarHexa[n%16]);
}
}
public static void inputDes()
{
System.out.print("Masukkan Bilangan Desimal = ");
Scanner inputan = new Scanner(System.in);
bilDes = inputan.nextInt();
// return bilDes;
}
public static void tampilBiner()
{
inputDes();
System.out.print("Binernya adalah ");
Biner(bilDes);
}
public static void tampilHexa()
{
inputDes();
System.out.print("Hexanya adalah ");
Hexa(bilDes);
}
public static void tampilOktal()
{
inputDes();
System.out.print("Oktalnya adalah ");
Oktal(bilDes);
}
public static int inpBil()
{
System.out.println("============================================="
+ "\nSelamat datang " + jk + ", " + name + "...");
System.out.println("Silahkan memilih Menu Konversi Bilangan : " +
"\n1.Biner \n2.Hexa \n3.Oktal \n4.Exit");
System.out.print("Masukkan angka menu = ");
Scanner inputan = new Scanner(System.in);
int pilMenu = inputan.nextInt();
return pilMenu;
}
public static void menU(int pil)
{
System.out.println("\033"); // Clear Screen
switch(pil)
{
case 1: tampilBiner(); break;
case 2: tampilHexa(); break;
case 3: tampilOktal(); break;
case 4: System.out.println("Makasih ya, sudah mampir...");
System.exit(0); break; // Memberikan Kondisi False
default : System.out.println("(Maaf, pilih angka 1 - 4 saja !)");
break;
}
System.out.println("\033"); // clear screen
}
public static void input()
{
Scanner input = new Scanner(System.in);
System.out.println("Masukkan nama Anda :");
name = input.nextLine();
if(name.equals(""))
{
nama_kosong();
input();
}
else
{
jenis_kelamin();
}
}
public static void nama_kosong()
{
Scanner nama_kosong = new Scanner(System.in);
System.out.println("Maaf, nama harus diisi !!!");
}
public static void jenis_kelamin()
{
Scanner jenis = new Scanner(System.in);
System.out.println("Masukkan jenis kelamin = ");
System.out.println("Pilih : \n 1 Laki-laki, \n 2 Perempuan");
int response = jenis.nextInt();

switch(response)
{
case 1 :
jk = "Mas";
break;
case 2 :
jk = "Mbak";
break;
default :
Scanner waria = new Scanner(System.in);
System.out.println("Waria dilarang masuk !!\nIsi dulu dengan benar !");
jenis_kelamin();
break;
}
}
public static void main(String aKU[]) // Guna Static -> Tidak Perlu Pembentukan Objek
{
input();
// terus mengulang menu jika bukan angka 4
do
{
menU(inpBil()); // atau KonversiBilangan.menU(inpBil());
}
while(true);
}
}


Jika Anda telah mengetik kode di atas, kemudian run project tersebut. Setelah itu, Anda akan mendapati tampilan awal seperti berikut ini.
Tampilan di atas terdapat pada coding berikut.
Jika nama tidak kita isi, maka akan muncul tampilan berikut ini.
Jika kita inputkan nama dengan benar, maka akan muncul tampilan untuk memilih jenis kelamin Anda.
Untuk output jenis kelamin, itu merupakan hasil dari coding berikut.
Jika kita mengetikkan angka 1, maka Anda memilih jenis kelamin Laki - laki dan tampil seperti berikut.
Jika kita mengetikkan angka 2, maka Anda memilih jenis kelamin Perempuan dan tampil seperti berikut.
Jika kita mengetikkan angka selain 1 dan 2 seperti ini, maka akan muncul tampilan seperti berikut dan Anda harus mengisinya dengan benar.
Setelah kita isi dengan benar, maka akan tampil ucapan selamat datang dan pilihan konversi dari desimal ke biner, dari desimal ke hexadesimal, serta dari desimal ke oktal. Berikut tampilan codingnya.










Berikut merupakan tampilan coding dimana program akan dieksekusi jika memilih menu.
Jika kita memasukkan angka 1, maka akan muncul masukkan bilangan desimal disertai dengan jawaban bilangan biner seperti berikut.
Jika kita memasukkan angka 2, maka akan muncul masukkan bilangan desimal disertai dengan jawaban bilangan hexadesimal seperti berikut.
Jika kita memasukkan angka 3, maka akan muncul masukkan bilangan desimal disertai dengan jawaban bilangan oktal seperti berikut.
Jika kita memasukkan angka 4, maka akan muncul tampilan seperti berikut ini.
Terimakasih sudah berkunjung .. Tunggu program yang lainnya ya..

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Attitude

Banyak dari kita beranggapan sopan santun itu mengurangi rasa kebebasan bergaul.
Padahal mengertilah, Sopan santun itu akan membuat kita dihargai orang lain.
Sopan santun itu bukan warisan semata dari nenek moyang, lebih dari itu, dia sudah menjadi ciri kepribadian bangsa kita.
Namun kalau melihat budaya antre kita sekarang yang belum tertib, budaya kita berkendaraan di jalan raya yang masih semrawut, sikap kepada orang yang sudah tua kurang hormat, tampaknya kita sudah bukan lagi bangsa yang dahulu terkenal akan keramahan,dan sopan santunnya sebagai negara timur.

Definisi Attitude

Attitude adalah sikap, tingkah laku atau perilaku seseorang dalam berinteraksi ataupun berkomunikasi dengan sesama manusia. Attitude itu sangat diperlukan dalam kehidupan sehari-hari. Seseorang yang bersikap sopan santun, belum tentu memiliki attitude yang bagus. Sebaliknya, seseorang yang memiliki atttitude tinggi, belum tentu juga memiliki sikap sopan santun. Jadi diperlukan sikap keseimbangan antara "attitude" dan "sopan santun" agar kita bisa menjadi orang yang bermoral baik.